Listrik Tanpa kabel

Sebentar lagi produsen kabel listrik bakal gigit jari. Pasalnya pasar produk mereka akan mulai tergerus dengan munculnya listrik tanpa kabel. sehingga nantinya tak ada lagi peralatan elektronik yang menggunakan kabel listrik sebagai penghubung peralatan dengan sumber energi.

Semua peralatan elektronik baik alat rumah tangga, kantor, media hiburan maupun komunikasi (gadget) tak perlu lagi kabel, adaptor maupun steker untuk memperoleh sumber listrik. Semua peralatan tersebut dapat langsung otomatis menyala atau mati. tinggal menghidupkan tombol switch on-off.

Teknologi listrik tanpa kabel, pertama kali dirancang oleh para peneliti di Massachusetts Institute Of Technology (MIT) pada 2006. Proyek ini disebut dengan nama “WiTricity”. Setahun kemudian, teknologi ini dikembangkan oleh Intel. Teknologi tersebut oleh Intel disebut sebagai WREL (Wireless Resonant Energy Link) atau pemancaran energy tanpa kabel melalui resonansi. Intel menargetkan teknologi ini segera terealisasi tak lama lagi.

Tahun lalu, Intel telah mendemontrasikan kemajuan pengembangan teknologi tersebut. Ketika itu, Chief Technology Officer (CTO) Intel, Justin Rattner memperlihatkan sebuah bola lampu 60 watt yang dapat menyala dalam jarak satu meter tanpa kabel. Tak hanya itu, Intel juga menunjukkan bahwa teknologi WREL dapat juga mengoperasikan sebuah netbook tanpa baterai dan membunyikan speaker tanpa kabel.

(sumber : majalah DEN)

About ariefsullivan

saya adalah saya

Posted on Februari 14, 2012, in Electric World. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: