Reaktor Nuklir

reaktornuklir 300x210 Reaktor Nuklirreaktor nuklir

Berita tentang reaktor nuklir di Jepang menjadi semakin buruk. Reaktor ini lumpuh karena gempa hebat yang terjadi di Jepang tanggal 11 Maret 2011. Masyarakat dunia masih menunggu perkembangan berita selanjutnya tentang reactor ini.

Gempa hebat di Jepang telah meningkatkan kecemasan masyarakat atas bahaya pembangkit listrik tenaga nuklir. Akibat gempa tersebut, pembangkit listrik itu menjadi tidak berfungsi dan dikawatirkan terjadi kebocoran. Oleh karena itu ribuan penduduk disekitar lokasi dipindahkan keluar radius 20km dari pembangkit listrik tersebut.

Pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga nuklir merupakan salah satu alternative sumber listrik selain tenaga batu bara atau menggunakan tenaga energi terbarukan. Dari segi biaya, tenaga nuklir relative lebih murah dari sumber tenaga lain tapi hal ini diikuti dengan potensi resiko yang sangat besar karena dengan adanya kebocoran sedikit saja, bisa membahayakan jutaan manusia yang tinggal disekitarnya. Kebocoran ini bisa saja disebabkan karena human error, bencana alam dan sebab eksternal lainnya seperti serangan teroriis.

Sumber energi yang bisa dibilang rendah resikonya adalah menggunakan energi terbarukan atau green energy. Sumber energi ini meliputi tenaga matahari, angin, air dan geothermal. Kita tinggal mengambil saja energy yang telah disediakan alam tanpa takut sumber energi itu akan habis. Pada saat ini biaya untuk mengekplorasi sumber energi alam tersebut masih mahal. Ini merupakan tantangan bagi pemerintah dan ilmuwan untuk menciptakan alat yang murah sehingga penggunaan green energy bisa diperluas tanpa memikirkan resiko efek sampingan dari penggunaanya seperti yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga nuklir.

About ariefsullivan

saya adalah saya

Posted on Februari 14, 2012, in Electric World. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: