Sumber energi listrik

Listrik memegang peranan yang vital dalam kehidupan. Dapat dikatakan bahwa LISTRIK telah menjadi sumber energi utama dalam setiap kegiatan baik di rumah tangga maupun industri. Mulai dari peralatan dapur hingga mesin pabrik-pabrik besar bahkan pesawat terbang, semua memerlukan LISTRIK.

Umumnya LISTRIK diperoleh dari mengubah energi kinetik melalui generator menjadi LISTRIK. Energi kinetik untuk menggerakkan generator bisa diperoleh dari uap yang dihasilkan dari pembakaran sumber energi fosil, seperti minyak, batubara dan gas atau bisa juga dari aliran air atau dari aliran udara. Intinya adalah energi LISTRIK dihasilkan dari pengubahan sumber energi lain.
Sumber-sumber energi untuk LISTRIK memiliki kelebihan dan kekurangan. Sumber energi fosil mudah diperoleh namun bersifat cadangannya terbatas. Sementara sumber energi aliran air atau angin relatif bersih, tak terbatas namun tidak selalu ada.
banyak sumber sumber energi di indonesia yang dianatranya yang telah di gunakan:

  1. AIR                                                                                                                                          banyak pembangkit tenaga LISTRIK menggunakan sumber air. untuk menjalankan generator atau banayk kincir air yang di gunakan untuk sumber tenaga listri. karna air mempuyai tekanan yang tinggi ,semakin tinggi tekanan air atau debit air semakin tinggi pula tenaga yang di hasilkan. dan ini dinamakan PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR .
  2. UAP                                                                                                                                        Sebuah pembangkit LISTRIK jika dilihat dari bahan baku untuk memproduksinya, maka Pembangkit LISTRIK Tenaga Uap bisa dikatakan pembangkit yang berbahan baku Air. Kenapa tidak UAP? Uap disini hanya sebagai tenaga pemutar turbin, sementara untuk menghasilkan uap dalam jumlah tertentu diperlukan air. Menariknya didalam PLTU terdapat proses yang terus menerus berlangsung dan berulang-ulang. Prosesnya antara air menjadi uap kemudian uap kembali menjadi air dan seterusnya.Mula-mula air ditampung dalam tempat memasak dan kemudian diberi panas dari sumbu api yang menyala dibawahnya. Akibat pembakaran menimbulkan air terus mengalami kenaikan suhu sampai pada batas titik didihnya. Karena pembakaran terus berlanjut maka air yang dimasak melampaui titik didihnya sampai timbul uap panas. Uap ini lah yang digunakan untuk memutar turbin dan generator yang nantinya akan menghasilkan energi LISTRIK.
  3. PASANG SURUT AIR LAUT                                                                                                       Pasang surut menggerakkan air dalam jumlah besar setiap harinya; dan pemanfaatannya dapat menghasilkan energi dalam jumlah yang cukup besar. suplai LISTRIKnya pun relatif lebih dapat diandalkan daripada pembangkit LISTRIK bertenaga ombak                                                                                                                                                                                                                                                  masih banyak lagi sumber tenaga yang dapat digunakan . dari yang ada di sekitar kita sampai yang belum kita ketahui.

About ariefsullivan

saya adalah saya

Posted on Februari 17, 2012, in Electric World. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: